Sehat dalam arti mendasar adalah segala hal yang kita lakukan memberikan hasil atau dampak yang baik bagi tubuh kita. Gaya pola hidup sehat merupakan suatu pilihan yang sangat tepat untuk melangsungkan kehidupan kita, sedangkan pola hidup sehat adalah jalan yang harus di jalani untuk memperoleh fisik yang sehat serta jasmani dan rohani. Jadi sesungguhnya hal utama dari kesehatan adalah gaya hidup sehat yang menopang kesehatan kita saat ini, karena dengan gaya hidup sehat maka akan menciptakan pola hidup sehat yang secara otomatis kita lakukan.

Semua orang pasti ingin selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Karena, dengan tubuh dan pikiran yang selalu sehat, kesejahteraan dan kualitas hidup tentunya juga dapat meningkat. Menjaga kesehatan pun nyatanya tidak sesulit yang dibayangkan, salah satunya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat setiap hari.

Menerapkan gaya hidup sehat juga menjadi hal yang paling penting, pasalnya menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pola makan tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik merupakan faktor risiko kesehatan global yang utama. Apalagi dengan kemajuan teknologi pangan, produksi makanan olahan pun semakin meningkat. Tidak hanya itu, karena kemudahan teknologi, gaya hidup tidak sehat membuat tubuh rentan terserang berbagai jenis gangguan kesehatan, seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Oleh karena itu, menerapkan pola hidup sehat menjadi penting untuk dilakukan guna mencegah terserang penyakit, terutama di tengah pandemi seperti ini. Banyak manfaat pola hidup sehat yang dapat kamu rasakan ketika secara rutin mulai mengaplikasikan ke dalam hidup kamu setiap hari. Namun, kamu perlu rutin dan konsisten melakukannya agar tujuan pola hidup sehat yang sudah kamu tetapkan dapat tercapai.

Bagaimana contoh pola hidup sehat?

1. Makanan makanan sehat dengan gizi yang seimbang

Makanlah makanan yang mengandung gizi seimbang. Konsumsilah banyak sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, lemak sehat, dan asam lemak omega-3. Sebisa mungkin, kurangi konsumsi makanan cepat saji atau makanan olahan, minuman manis, makanan yang mengandung banyak lemak dan garam.

2. Rutin Berolahraga

Setidaknya, lakukan olahraga selama 30 menit setiap hari jika kamu ingin memiliki tubuh yang sehat. Kamu juga dapat melakukan aktivitas aerobik sedang seperti jalan kaki setidaknya selama 150 menit atau aerobik kuat seperti berlari setidaknya 75 menit dalam satu minggu. Sementara itu, latihan kekuatan untuk semua kelompok otot disarankan untuk dilakukan setidaknya dua kali dalam satu minggu.

3. Istirahat yang cukup setiap malam

istirahat yang cukup

Memiliki tidur cukup merupakan salah satu contoh pola hidup sehat yang penting diterapkan karena menjadi kunci dari pikiran dan tubuh yang sehat. Kurang tidur dapat menyebabkan menurunnya imunitas, menguras energi, hingga mengganggu suasana hati. Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan kualitas tidur supaya mendapat manfaat yang lebih optimal. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebelum tidur antara lain mengurangi asupan kafein, membersihkan diri dan ruang tidur, maupun mendengarkan musik.

4. Dapatkan asupan vitamin dan mineral yang cukup

Vitamin dan mineral merupakan komponen penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Kedua zat ini memiliki berbagai fungsi dalam proses metabolisme di dalam tubuh. Vitamin dan mineral dapat kamu peroleh melalui makanan yang kamu makan. Namun, apabila asupan vitamin dan mineral yang kamu peroleh kurang, kamu bisa mendapatkan asupan tambahan melalui suplemen. Jika ragu untuk mengkonsumsi suplemen, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

5. Mengelola stres

Memiliki sikap dan pikiran positif akan membantu tubuh kamu menghasilkan energi yang cukup dan mood yang stabil. Hal ini akan menunjang kemampuan kamu dalam mengelola stres dengan baik. Kurangnya fokus dan terkurasnya energi akibat stres dapat meningkatkan kemungkinan terkena berbagai penyakit.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Home
Account
Cart
Search