Gadget sudah tidak lagi menjadi barang asing, termasuk bagi anak-anak. Kehadiran gadget bisa memudahkan kehidupan manusia, mulai dari membantu bekerja, belajar, berbelanja, atau sekadar mencari hiburan. Namun hati-hati, terlalu mengandalkan gadget ternyata bisa meningkatkan risiko kecanduan gadget. Semua perangkat teknologi canggih tersebut tak sekadar menjadi alat komunikasi dan hiburan, tetapi juga untuk mengetahui berbagai informasi dan pengetahuan. Karenanya tak mengherankan bila banyak orang asyik menggunakan gadget hingga lupa waktu. Efek yang ditimbulkan dengan kebiasaan penggunaan gadget yang berlebihan ini akan sangat berdampak pada kesehatan pengguna secara tidak langsung.

Meskipun sebagian besar dari masyarakat memanfaatkan gadget untuk komunikasi, urusan pekerjaan atau bisnis, mencari informasi, ataupun hanya sekedar untuk mencari hiburan. Namun penggunaan gadget yang berlebihan dapat memberikan banyak dampak negatif, khususnya pada kesehatan. Bukan hanya pada kesehatan raga, tetapi kesehatan mental seseorang pun dapat terganggu dari penggunaannya gadget, apalagi secara berlebihan.

Dampak negatif gadget

Berikut adalah beberapa dampak negatif yang terjadi akibat dari penggunaan gadget terhadap kesehatan :

1. Merusak mata

Dampak yang satu ini tentu sudah sangat sering kita dengar dan bahkan dirasakan oleh kita sendiri. Jika mata terasa perih setelah menatap layar ponsel, bukan hal yang mengejutkan bahwa fokus pada sebuah benda kecil dalam waktu lama bisa menyebabkan mata kering dan mengakibatkan peradangan serta infeksi. Lebih parahnya lagi, ponsel bisa mempengaruhi penglihatan penggunanya dalam jangka waktu yang panjang.

2. Mengganggu pola tidur

Dampak buruk menggunakan gadget sampai larut malam dapat mengganggu jam biologis, apalagi bila sudah keasyikan bermain game atau menonton film. Hal ini dapat membuat kamu melewatkan waktu tidur saat malam hari. Akibatnya, pola tidur menjadi terganggu dan kamu kehilangan waktu beristirahat yang cukup. Menurut American Optometric Association, paparan cahaya biru dari layar pada malam hari dapat menghambat kerja hormon melatonin. Akibatnya, kamu akan lebih mudah terkena insomnia.

3. Tidak fokus

Dampak negatif penggunaan gadget berikutnya adalah membuat kamu menjadi tidak fokus. Banyaknya informasi yang mudah diakses melalui internet di smartphone dapat membuat pikiran teralihkan. Akibatnya, kamu menjadi tidak fokus pada pekerjaan dan aktivitas sehari-hari yang sebenarnya lebih penting. Nah kondisi ini juga dapat menimpa para pelajar sehingga membuat mereka tidak fokus belajar dan sibuk dengan informasi-informasi yang tidak bermanfaat.

4. Mata menjadi kering

Apa kamu pernah merasakan gatal pada mata? Jika kamu mengalami keluhan tersebut, itu karena mata kamu mengalami ketegangan yang pada gilirannya menyebabkan mata menjadi kering. Semua itu terjadi karena sering menggunakan gadget secara konstan.

5. Mengganggu struktur tulang

Seorang fisioterapis, Kirsten Lord mengatakan smartphone bisa mengubah postur tubuh. Ia melihat banyak orang mengalami nyeri di leher atau bahu akibat posisi kepala yang terlalu menjorok ke depan saat membaca sesuatu di ponsel atau tablet. Selain itu, akibat dari penggunaan gadget ini juga dapat menjadikan struktur tulang pengguna membungkuk dan sulit untuk kembali ke posisi normal.

6. Sakit kepala

pengaruh buruk gadget yaitu sakit kepala

Selain berdampak pada kesehatan mata, pancaran cahaya dari ponsel pintar juga dapat menyebabkan sakit kepala. Kondisi ini dapat diperparah bila otak kamu terlalu terbebani saat bermain game terus menerus sambil berganti-ganti aplikasi. Kamu juga berisiko mengalami sakit kepala yang tak tertahankan, migrain, leher tegang, ansietas, stres, bahkan depresi.

7. Ketergantungan gadget

Mengutip Sutardja Center for Entrepreneurship and Technology, dampak negatif penggunaan gadget adalah dapat membuat diri kamu ketergantungan yang mengakibatkan kamu menjadi sulit berbuat apa-apa tanpa kehadiran gadget. Kondisi ini juga dapat menyebabkan daya ingat dan kemampuan otak kamu menurun karena dimanjakan oleh fasilitas yang disediakan oleh perangkat tersebut. Pada kondisi yang parah, hal ini dapat memicu kecanduan gadget yang berefek pada kesehatan mental, seperti gangguan kecemasan, kehilangan motivasi, bahkan depresi.

8. Obesitas

Menggunakan gadget dalam waktu yang cukup lama secara berturut-turut bisanya menimbulkan kebosanan, dan kebanyakan cara yang digunakan untuk mengusir kebosanan tersebut adalah dengan camilan. Jadi wajar saja jika peningkatan berat badan terjadi karena kegiatan ini.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Home
Account
Cart
Search