TRX Menjadi Pilihan Untuk Aktifitas Olahraga di Masa Pandemi Virus Corona

Olahraga yang tepat, karena bisa dilakukan dimana pun termasuk dirumah. Sederhana tapi akan terasa berat bagi yang belum pernah melakukannya. Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Apa itu olahraga TRX?

TRX merupakan kepanjangan dari total body resistance exercise. Olahraga TRX pada awalnya dirancang untuk tentara militer Amerika Serikat yang membutuhkan olahraga dalam ruangan sempit. Dengan rejime olahraga ini, Anda hanya memanfaatkan berat tubuh Anda sendiri untuk membangun otot. Yang hanya Anda butuhkan untuk membantu sesi latihan Anda adalah seutas tali khusus.

Manfaat olahraga TRX untuk kesehatan

Salah satu manfaat olahraga TRX telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang melibatkan sebanyak 16 orang peserta. Dalam penelitian ini, para peserta diminta untuk melakukan sesi TRX sebanyak 3 kali dalam seminggu, selama 8 minggu berturut-turut. Di akhir penelitian diketahui bahwa rata-rata peserta mengalami penurunan kadar lemak tubuh dan punya massa otot yang lebih berat.

Para ahli juga menyatakan bahwa selama satu jam melakukan TRX, Anda bisa membakar kalori kurang lebih 350-550 kalori, tergantung dengan masing-masing performa olahraga. Jadi, olahraga TRX cukup bisa membantu menurunkan berat badan. Bahkan, dalam penelitian yang telah disebutkan sebelumnya, olahraga ini terbukti mampu mengecilkan ukuran lingkar p inggang.

Panduan melakukan olahraga TRX bagi pemula

Semua orang dapat melakukan olahraga TRX, bahkan bagi Anda yang masih pemula sekalipun. Pasalnya, gerakan-gerakan yang dilakukan ketika melakukan TRX bukan gerakan high impact. Olahraga berfokus untuk melatih semua otot tubuh Anda bergerak, namun dalam waktu yang perlahan.

Lantas, apa saja manfaat senam TRX untuk tubuh Anda?

1. Total body workout (melatih tubuh secara keseluruhan)

Anda ingin membentuk otot, menurunkan berat badan, melatih fleksibilitas, atau meningkatkan ketahanan? TRX dapat menjadi latihan yang tepat untuk Anda. Sebuah studi yang dilakukan The American Council on Exercise pada 16 pria dan wanita yang sehat (antara usia 21-71 tahun), mencoba menelaah dampak jangka panjang dari latihan TRX ini.

Hasilnya, responden yang melakukan latihan TRX sebanyak 3 kali seminggu selama 8 minggu mengalami peningkatan kekuatan otot, penurunan berat badan, tekanan darah stabil pada level yang normal, dan penurunan risiko penyakit jantung.

2. Menurunkan berat badan

TRX kini menjadi pilihan latihan yang populer untuk menurunkan berat badan. Bergantung dari jenis latihan dan kondisi tubuh Anda, pada umumnya dalam 1 sesi (60 menit) latihan TRX Anda bisa membakar hingga 400 kalori. Selain bisa menurunkan berat badan, TRX juga dapat menurunkan lingkar pinggang serta persentase lemak tubuh Anda.

3. Membentuk Otot

Bagi Anda yang ingin membentuk otot, latihan TRX bisa menjadi pilihan. Otot Anda akan terbentuk karena adanya beban tertentu yang diaplikasikan pada otot, sehingga sejumlah reaksi seperti penebalan massa otot dan jumlah serat otot akan terbentuk.

terbentuk karena adanya beban tertentu yang diaplikasikan pada otot, sehingga sejumlah reaksi seperti penebalan massa otot dan jumlah serat otot akan terbentuk.

Kunci dari pembentukan otot adalah beban yang diaplikasikan pada otot harus cukup signifikan sehingga otot dapat beradaptasi. Menurut penelitian, latihan TRX (jika dilakukan dengan tepat) dapat lebih meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas otot, dan ketahanan otot bila dibandingkan dengan latihan otot konvensional.

4. Gerakan Pada Olahraga TRX

Mengingat hanya menggunakan tali saja, TRX terbilang olahraga yang mudah. Semua orang bisa melakukannya, bahkan buat kamu yang masih pemula. Gerakan yang dilakukan bukan merupakan gerakan high impact, karena olahraga berfokus untuk melatih semua otot tubuh supaya bergerak dalam waktu perlahan.

Please follow and like us:

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.